Batman Begins - Help Select SELATAT DATANG DI HALAMAN PNPM-MP KAB. TANAH LAUT

Tala

Tala

KSM BELAJAR MENJELMA MENJADI CV

Tahap perencanaan PLP-BK yang telah selesai di laksanakan di Desa Guntung Besar menggiring masyarakat Desa memasuki tahap pemasaran dan pelaksanaan fisik bagi desanya. Dari hasil perencanaan tersebut beberapa usulan rencana telah berhasil di pasarkan, antara lain paket pembuatan jembatan box culvert yang menghubungkan akses poros desa Guntung Besar dengan Desa Telaga

 Kondisi 2 Unit Jembatan Yang Akan di Rehabilitasi 


Paket ini memiliki pagu anggaran sebesar Rp. 737.677.000,- mencakup pembuatan 2 unit jembatan box culvert dengan dimensi masing – masing 7 x 5 x 3 meter dan 5 x 5 x 3 meter. Dana pembangunan bersumber dari APBD reguler Kab. Tanah Laut tahun 2012. Melalui Dinas PU Kabupaten Tanah Laut dan dikerjakan oleh kontraktor “ CV DITA “ Pelaihari.
Pada awalnya memang orang – orang yang dipekerjakan oleh CV DITA berasal dari luar Desa Guntung Besar, namun karena kendala lokasi yang jauh serta kendala pribadi dari si tukang tersebut maka akhirnya beberapa tukang – tukang bawaan tadi mengundurkan diri. Celah ini lah yang dimanfaatkan warga ketika mandor dari CV DITA (Bapak Paiman) menginformasikan kepada kepala Desa guntung Besar bahwa CV DITA memebutuhkan beberapa pekerja.
Bapak Mahyudi yang tergabung dalam KSM Lancar Desa Guntung Besar mencoba menawarkan diri serta menagajak beberapa warga untuk gabung dalam pekerjaan pembuatan jembatan box culvert ini. Beliau berujar “tidak papa kita mulai dari tukang dulu, sambil belajar siapa tahu kedepan kita bisa menjadi CV”.
Dengan adanya pemasaran PLP-BK masyarakat sebenarnya memili nilai tawar lebih jika dibandingkan dengan kontraktor lain karena keberadaan proyek tersebut jatuh di Desa mereka namun karena tidak memiliki relasi di dinas terkait serta keterbatasan wawasan dalam dunia kontraktor maka sewajarnya warga dapat belajar dulu dari kontraktor yang sudah ada

No comments: